Bagaimana Membuat Website Pas di Segala Ukuran Layar

Tentu saja sebagai user kita akan merasa sangat tidak nyaman jika sedang membaca sebuah berita di website atau membaca di blog kemudian tampilannya tidak pas di layar ponsel kita. Sehingga ketika membaca kita jadi harus menggeser-gesernya. Hal seperti itu cenderung membuat user menjadi tidak nyaman dan malah beralih ke website lain. Bayangkan jika itu terjadi di website atau blog anda? Tentu pasti kita bisa kehilangan audiens bukan? Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda semua untuk bisa membuat website pas di segala ukuran layar. Bagaimana sih caranya? Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Memperhatikan relative units

Untuk membuat tampilan website anda menjadi pas di segala ukuran layar maka bisa disebut sebagai tampilan website yang responsif. Lalu bagaimana sih cara untuk bisa membuat web yang responsif? Caranya adalah anda harus memperhatikan relative units tersebut. Dengan memperhatikan relative units maka anda bisa menyesuaikan keadaan layar dengan mudah. Dalam kasus ini kami menyarankan supaya anda menggunakan satuan yang sebelumnya PX menjadi % sehingga bisa disesuaikan dengan mudah. Dengan begitu maka kita tidak perlu lagi khawatir mengenai jenis perangkat apa saja yang bisa digunakan untuk mengakses website kita.

Memperhatikan typography units

Cara membuat website pas di segala ukuran layar yang kedua adalah anda bisa memperhatikan typography units. Untuk bisa membuat website menjadi responsif maka anda harus memperhatikan penerapan font juga. Pastikan bahwa dalam penggunaan font anda menggunakan satuan seperti em, vw, rem, dan juga vh. Nantinya satuan-satuan yang sudah kami sebutkan tadi bisa menyesuaikan ketika ukuran layar atau font itu diubah sehingga membuat website anda menjadi lebih responsif.

Memperhatikan viewport

Cara membuat website pas di segala ukuran layar yang selanjuntya adalah anda harus memperhatikan viewport. Viewport merupakan salah satu area yang bisa dilihat oleh para users yang mengujungi website kita. Ukuran dari viewport ini biasanya bisa bervariasi berdasarkan perangkat yang digunakan. Supaya tampilan website anda menjadi lebih responsif maka kami menyarankan supaya anda mengatur viewport menggunakan tag <meta> yang disisipkan pada header section pada berkas HTML. Selain itu anda juga bisa mengatur fitur zoom pada website anda, anda bisa menuliskan ke dalam viewport lebih lengkap lagi.

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai bagaimana membuat web yang pas di segala ukuran layar atau membuat website lebih responsif. Ternyata cara membuatnya cukup mudah ya, anda bisa mencari tutorialnya di Youtube jika mungkin belum terlalu paham mengenai pengaturan atau codingnya. Semoga artikel yang kami sampaikan ini bisa menuntun anda untuk membuat web anda menjadi lebih responsif ya!