Apa Itu Ilmu Desain Grafis ?

Mungkin kita semua sudah sering mendengar mengenai desain grafis, tapi apakah kita juga tahu apa itu desain grafis? bagaimana pekerjaannya? dan apa saja cakupan mengenai ilmu desain grafis?

Desain grafis merupakan suatu media untuk menyampaikan pesan atau informasi dengan memanfaatkan gambar sebagai komunikasi visual nya, dan biasanya digunakan informasi yang di sampaikan secara singkat dan jelas.

Desain grafis juga dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari dan mengandalkan kreatifitas pengguna nya untuk membuat sebuah rancangan yang berupa gambar dan biasanya di gunakan sebagai kepentingan percetakan.

Ada beberapa jenis desain grafis yang sering digunakan di Indonesia, di antaranya adalah:

  1. Drafter
  2. Editor
  3. Layouter
  4. Art Director
  5. Fotografer
  6. Visualisator
  7. Animator
  8. Video Editor
  9. Integrater Designer

Unsur Unsur Yang Digunakan Dalam Desain Grafis:

  • Garis ( Line )

Garis merupakan sebuah unsur dasar yang wajib digunakan dalam setiap desain. Unsur garis juga merupakan titik-titik yang saling terhubung dan membentuk sebuah gambar garis yang dapat berupa garis lurus, garis lengkung, horizontal, diagonal, dan juga zig zag.

  • Bentuk ( shape )

Beberapa bentuk yang digunakan biasanya berupa lingkaran, persegi panjang, segi empat, dan juga segitiga.

  • Ruang ( Space )

Space merupakan jarak antara elemen satu dan lainnya dalam desain grafis. Elemen – elemen yang dimaksud disini adalah: object, text, dan background. Perpaduan antar elemen tersebut harus sesuai space nya agar desain yang di dapatkan memberikan hasil yang maksimal dan memberikan kesan menarik bagi siapa pun yang melihatnya.

  • Warna ( Colour )

Warna merupakan salah satu unsur dalam desain grafis yang juga harus diperhatikan. Penentuan warna yang sesuai dapat membentuk arah dan tujuan dalam sebuah karya desain grafis. Penentuan warna yang baik dan sesuai juga dapat menambah nilai plus pada karya desain grafis, namun hal ini juga tentu tidak disarankan dalam penentuan jenis warna yang terlalu banyak dan mencolok karena hanya akan menambah kesan yang norak.

  • Ukuran ( Size )

Ukuran ( size )  yang di gunakan dala seni desain grafis biasanya berupa panjang, pendek, tinggi, serta besar dan kecilnya sebuh objek yang di maksud.

  • Gelap Terang ( Value )

Value adalah sebuah unsur seni desain grafis yang di gunakan untuk membuat tampilan menjadi menarik dan sedap di pandang mata. Value juga dapat menghasilkan sebuah warna yang digunakan apakah menghasilkan warna yang lebih muda atau sebaliknya.

Dalam dunia desain grafis juga di haruskan menggunakan beberapa prinsip yang tentunya akan bermanfaat sebagai alat komunikasi yang mudah dimengerti dan juga efisien, beberapa prinsip dalam desain grafis di antaranya:

  • Keseimbangan ( balance )
  • Kejelasan ( Clarity )
  • Kesederhanaan ( Simplicity )
  • Ruang Kosong ( White Space )
  • Ritme ( Rhythm )
  • Tekanan ( Point Of Interest atau Emphasist )
  • Proporsi

Di dalam dunia desain grafis juga terdapat beberapa aplikasi yang biasanya di gunakan, yaitu: Adobe Photoshop, Adobe Image ready, Air Brush, Coreldraw, Picsart, Adobe Dreamweaver, CoffeCup HTML editor, dan masih banyak lainnya. beberapa aplikasi tersebut juga sering kali digunakan oleh beberapa ahli webdesign yang menawarkan jasa pembuatan website kunjungi link berikut kepada konsumennya.