Instagram Ads tidak Bekerja? Mungkin Ini Penyebabnya!

Terlihat mudah namun menggunakan instagram ads, membutuhkan keahlian dan ketelitian yang tinggi. Karena hal tersebut, terkadang, iklan di instagram yang sudah diatur tidak berjalan dengan baik. Jika Anda mengalami hal ini maka bisa jadi disebabkan karena hal berikut ini:

  • Salah Sasaran

Salah satu hal mendasar saat Anda hendak melakukan sebelum beriklan adalah menentukan sasarannya. Jika sasaran tersebut salah, maka akan berpengaruh pada keseluruhan iklan, walaupun Anda berikan di waktu yang tepat.

Karena hal tersebut, sebelum Anda menentukan pangsa pasar, lakukan analisis terlebih dahulu. Apakah produk tersebut sesuai dengan pangsa pasar atau tidak. salah satu cara untuk melihat sasaran pasar mana yang tepat, misalnya berdasarkan gender, Anda bisa melihat insight dari instagram Anda.

  • Split Test yang Tidak Terkontrol

Untuk tahu mana iklan yang tepat maka diperlukan tes dan salah satunya adalah split test. Di test iklan tersebut, Anda menggunakan variabel yang berbeda. Misalnya bisa dibedakan berdasarkan pada tulisan, gambar ataupun video.

Namun, dalam split test tersebut, Anda tetap butuh kontrol salah satunya adalah dari budgetnya. Ini karena untuk 1 iklan, ada yang memiliki budget hingga 100 ribu rupiah per harinya. Jika tidak terkontrol dengan baik maka akan membuat pengeluaran Anda membengkak dan tidak diimbangi dengan pemasukan Anda.

  • Penggunaan Konten yang Salah

Jika sasaran sudah tepat, waktu pengiklanan juga tepat, jika tidak menghasilkan konversi yang baik, hal tersebut bisa disebabkan karena konten yang salah. Konten ini bisa jadi video, gambar atau caption yang dipergunakan.

content marketing
content marketing

Konten untuk iklan harus singkat, padat, jelas dan bisa mengunggah sesuatu. Bisa jadi emosi, bisa keinginan untuk membeli ataupun kepercayaan pada produk Anda. karena hal tersebut konten harus disesuaikan dengan tujuan Anda memasang iklan.

Konten yang dipergunakan juga harus berkualitas bagus. Untuk konten keseluruhan, Anda bisa menggunakan komposisi konten dari facebook. Yaitu 0,37% untuk foto dan 0,31% untuk video, 0,27% untuk teks dan 0,15% untuk link. Jika terlalu banyak tulisan, jangkaun iklan justru akan berkurang. Jikapun terlalu banyak gambar atau video, iklan menjadi kurang informatif.

  • Tidak Sabar

Butuh waktu untuk melihat apakah iklan tersebut efektif atau tidak. ada iklan yang butuh waktu lama untuk melihat hasilnya, ada pula yang hasilnya cepat. Setidaknya butuh waktu 2 hari untuk melihat apakah iklan tersebut memiliki engagement yang baik atau tidak.

Jika iklan dipergunakan untuk brand awareness, maka untuk melihat efek atau hasilnya juga akan lebih panjang. Apalagi untuk membangun sebuah kepercayaan dari calon konsumen tidak mudah. Jadi jangan terburu-buru menentukan iklan tersebut tidak bekerja.

Itulah kesalahan yang bisa jadi penyebab mengapa instagram ads tidak bekerja. Namun, bila Anda ingin segera mendapatkan hasil dari iklan tersebut, Anda bisa menggunakan jasa iklan instagram yang terpercaya. Semoga informasi ini membantu Anda.