Pengertian Backlink dan Manfaatnya Untuk Blog

Backlink menjadi suatu istilah yang belum terlalu familiar bagi orang awam khususnya yang tidak mempunyai website atau blog. Terlebih lagi jika orang tersebut belum memahami SEO. Tetapi istilah Backlink menurut para jasa backlink Indonesia, internet marketing mungkin sudah tak lagi asing dengan istilah ini. Berikut ini akan membahas mengenai pengertian backlink berserta manfaatnya yang bisa diterapkan di blog atau website Anda.

 

Pengertian Backlink

Backlink adalah sebuah link yang di tanamkan di berbagai website lain dan mengarahkannya ke website Anda atau website lain yang sedang di optimasi. Fungsi dan manfaat dari backlink sangat penting untuk meningkatkan tingkatan website Anda pada mesin pencari dan juga bisa meningkatkan popularitas website Anda serta menaikkan page rank. Pada dasarnya backlink terbagi menjadi 2 kategori yaitu :

 

One Way Backlink

One way backlink merupakan backlink satu arah, dimana hanya Anda yang menanamkan link ke website-website yang dapat di tanam url website Anda tanpa harus menyertakan backlink kembali ke website tersebut. Contoh teknik one way backlink yang dapat di tanam backlink satu arah yaitu :

Blog Comment, Anda dapat menyertakan url website Anda pada setiap blog comment sesuatu dengan anchor text yang akan Anda optimasi

Signature Forum, beberapa forum memiliki signature yang akan terpasang setiap Anda melakukan post, hal ini dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan backlink 1 arah untuk website Anda.

Social Bookmark, ini merupakan sebuah website dimana Anda dapat men-Submit website Anda ke website tersebut dan menjadikannya “Bookmark”. Biasanya jika ada orang yang mem-bookmark di browser kini Anda dapat mem-bookmark di suatu website tertentu

 

Reciprocal Backlink

Berikut adalah contoh reciprocal link atau backlink dua arah yang dapat Anda lakukan, yaitu :

Direktori Submit, ini merupakan sebuah website dimana website tersebut mengklasifikasikan berbagai website dalam kategori-kategori tertentu dan meletakan url website yang di submit kedalam kategori tersebut. Namun biasanya banyak direktori website yang mengharuskan untuk reciprocal link, jadi Anda harus memasang banner, link, dan sebagainya pada website Anda.

Tukar Link, biasanya hal ini dilakukan para blogger di berbagai komunitas blogger, mereka kebanyakan memang menawarkan tukar link, yang tak lain tak bukan tujuannya untuk mendapatkan backlink.

Berdasarkan contoh di atas, masih banyak terdapat beberapa hal yang dapat Anda kembangkan untuk mendapatkan backlink, pada dasarnya setiap orang hanya menginginkan hanya one way backlink karena Anda hanya menanam backlink tanpa harus memberikan backlink juga ke website tersebut. Namun tidak ada salahnya untuk sesekali mencari two way backlink jika memang benar dirasa website yang akan Anda tanam backlink tersebut relevan dan baik di mata search engine.

 

Manfaat Backlink Untuk Blog

Tentu saja salah satu manfaat Backlink yakni untuk SEO. Bahkan tidak tanggung-tanggung, backlink sangat memiliki peranan besar untuk ranking blog Anda. Semakin banyak ‘backlink’, maka semakin baik pula kualitas blog kita di mata mesin pencari.

Tapi tentu saja backlink yang berpengaruh positif tersebut adalah backlink yang berkualitas, yang didapatkan dengan cara alami. Bukan backlink hasil spam pada kolom komentar blog orang lain. Karena, backlink hasil spam justru memberikan dampak buruk terhadap rangking blog.

Karena, menurut Google jika salah satu aspek penilaian terhadap populernya sebuah situs website maupun laman website salah satunya adalah faktor backlink. Namun seperti yang sudah disebutkan kalau Google lebih menyukai backlink-backlink yang berkualitas.