Pengertian Input Data

Perkembangan teknologi berkembang semakin canggih. Hal itu berimbas pada kegiatan manusia yang saat ini dapat di kerjakan secara online, tak terkecuali menjadi seorang freelancer yang memang mengerjakan suatu hal secara tidak terikat tanpa ketentuan-ketentuan dari perusahaan.

Para freelancer daapat mencari pekerjaan di mana saja, di antaranya beberapa website seperti https://www.sribu.com/id/cat/jasa-input-data yang memang akan mencari para pekerja untuk di salurkan langsung kepada klien yang membutuhkan seorang penginput data.

Input data adalah kegiatan untuk menerima atau memasukkan data yang akan di proses ke dalam komputer dan saling terhubung. Dengan adanya kegiatan menginput data, maka sistem dalam komputer akan berjalan sesuai dengan keinginan pengguna.

Dapat di katakan bahwa input data adalah memindahkan data yang tadi nya secara manual, untuk di masukkan ke dalam komputer yang biasanya berupa Microsoft Office. Microsoft office yang akan di gunakan sendiri beragam, mulai dari Microsoft Word, Microsoft Excel, Dan Microsoft Powerpoint.

Saat ini, proses input data di gunakan sebagai pemberi informasi formal yang jelas. Jadi, tidak hanya input data saja melainkan sebagai Quality Control ( QC ). Dengan adanya QC, user tidak bisa sembarangan memproses data mentah ke dalam komputer, melainkan harus melalui seleksi terlebih dahulu apakah data tersebut layak atau tidak. Input data juga dapat di lakukan jika adanya dokumen sumber yang biasanya berupa kuisioner, nota, nomor faktur, dan lain sebagainya.

Untuk menjadi seorang pekerja entri data, setidaknya anda harus lulus minimal SMA atau juga anda pernah mengikuti kursus di bidang komputer . Sebagaian besar input data membutuhkan penggunaan komputer dan aplikasi perangkat yang mendukung.

Setelah membahas mengenai Pengertian Input Data di atas, kamu akan membayangkan jika input data tidak sulit bukan? Nah, meskipun demikian tetap tidak boleh menyepelekan nih pekerjaan seorang input data, kamu dapat mempelajari beberapa hal berikut:

  1. Untuk menjadi seorang peng input data, kamu setidaknya harus menguasai matematika dan bahasa inggris. Hal ini dibutuhkan karena biasanya klien akan menggunakan rumus dalam aplikasi spreadsheet. Kamu juga dapat mengambil kursus untuk dua kemampuan dasar yang sangat penting ini.
  2. Memiliki kecepatan menggunakan PC. Menjadi seorang penginput data tentu kerjanya akan banyak di habiskan di depan komputer ataupun laptop. Untuk itu, kamu harus terus berlatih untuk kecakapan dan kecepatan pengetikan. Beberapa program dalam komputer juga harus kamu pelajari seperti Microsoft Office dan surel.

Pada perusahaan-perusahaan tertentu, biasanya menggunakan pekerja khusus pada bidang input data. Meskipun biasanya mereka hanya menggunakan sistem kontrak, kamu masih tetap memiliki peluang karir yang besar pada bidang ini.