YUK PELAJARI PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

YUK PELAJARI PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
YUK PELAJARI PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

cryptonewslab.com – Sebelum mengetahui seberapa besar pengaruh social media marketing terhadap keputusan pembelian, kita akan membahas terlebih dahulu apa itu social media marketing. Social media marketing adalah salah satu teknik atau cara untuk memasarkan sebuah produk atau jasa yang dilakukan oleh seorang pengusaha yang dilakukan melalui sebuah media sosial. Media sosial yang digunakan pun beragam seperti Facebook, Twitter, hingga Instagram. Dengan semakin canggihnya perkembangan teknologi, media sosial semakin mempermudah pebisnis untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan. Cakupan calon konsumen menjadi semakin luas sehingga produk yang ditawarkan dapat dikenal oleh banyak orang. Biasanya seseorang memiliki lebih dari satu akun media sosial. Hal ini membuat kemungkinan produk dapat diketahui menjadi lebih besar dan dapat meningkatkan rasa penasaran bagi calon konsumen yang melihatnya. Apalagi jika ketika melakukan promosi, produk atau jasa tersebut ditampilkan dengan menarik dan eye catching. Melihat peluang ini, akhirnya banyak pebisnis yang membuat lebih dari satu akun untuk bisnisnya agar sampai pada target pasar tertentu. Media sosial biasanya digunakan sebagai katalog dan produk atau jasa yang ditawarkan. Konsumen akan lebih mudah untuk melihat-lihat produk atau bahkan berinteraksi dengan penjual.

Baca juga : manfaat menggunakan jasa press release 

Lalu, apa pengaruh social media marketing terhadap keputusan pembelian ? Masyarakat saat ini mulai beralih dari bertransaksi secara langsung dengan penjual ke transaksi secara online. Semakin maraknya e-commerce atau media yang mendukung transaksi secara elektronik membuat masyarakat akhirnya banyak yang menjadi konsumen online. Bahkan menurut beberapa orang belanja secara online lebih menguntungkan seperti :

  1. Banyak promo yang ditawarkan dari e-commerce
  2. Harga yang relatif lebih murah dibandingkan toko offline
  3. Metode pembayaran yang beragam
  4. Dapat menghemat tenaga
  5. Produk yang ditawarkan lebih beragam dan lengkap

Dengan berbagai keuntungan di atas, besar kemungkinan minat konsumen untuk berbelanja online semakin meningkat. Pengaruh social media marketing terhadap keputusan pembelian sangat besar. Hal ini didukung beberapa faktor dan strategi social media marketing. Bahkan seseorang yang awalnya tidak berniat untuk membeli sebuah produk, bisa saja membeli produk yang ia lihat disalah satu media sosial. Hal ini bisa saja terjadi karena cara promosi yang dibuat oleh akun bisnis tersebut sangat menarik perhatian dan dikemas secara baik. Selain itu faktor tersebut, faktor lainnya adalah produk yang dibutuhkan calon konsumen tersedia pada sebuah akun bisnis di media sosial, yang tentunya akan membuat konsumen akhirnya memutuskan untuk melakukan transaksi online tersebut. Namun hal ini kembali lagi kepada bagaimana produk yang dibutuhkan tersebut ditawarkan oleh pebisnis.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengaruh social media marketing terhadap keputusan pembelian saling menguatkan satu sama lain.