Apa Itu Keyword dan Fungsinya?

Jika Anda ingin menjadi seorang blogger, hal pertama yang perlu diperhatikan dan dipahami adalah keyword. Apa itu keyword, fungsinya dan jenisnya.

Tanpa menggunakan keyword, mesin pencari pun akan kesulitan untuk mencocokkan artikel Anda dengan kata yang dimasukkan user.

Jika kamu bingung, langsung saja simak informasi berikut ini.

Pengertian Keyword yang Perlu Diketahui

Apa itu keyword? Keyword merupakan kata atau sekumpulan kata yang membentuk frasa yang dipergunakan sebagai rujukan untuk ‘memanggil’ konten di mesin pencari.

Jadi, bisa dikatakan keyword ini adalah ‘tombol penting’ untuk mencari konten sesuai dengan kata yang dimasukkan user di kolom mesin pencarian. Nantinya mesin pencari akan mencari konten yang pas sesuai dengan kata yang dimasukkan.

Manfaat Keyword

Keyword memiliki peranan yang penting tidak hanya untuk Anda sendiri tapi juga untuk mesin pencari. Beberapa manfaat dari keyboard, yaitu:

Untuk mesin pencari: mesin pencari akan menjadi lebih mudah untuk menemukan dan menampilkan informasi yang relevan dengan kata yang dimasukkan user.

Untuk blogger: artikel bisa lebih mudah untuk terindeks oleh mesin pencari. Dengan begitu, konten blog Anda akan bisa muncul di halaman pencarian. Agar muncul di halaman pertama, tentu Anda perlu menggunakan keyword yang tertarget dan tepat.

Selain kedua hal tersebut, kata kunci juga berperan untuk meningkatkan kualitas website. Semakin berkualitas websitenya, maka semakin baik peringkat website Anda. Karena hal tersebutlah, pentingnya menulis menggunakan artikel dengan keyword yang perlu Anda lakukan mulai sekarang.

Penggolongan Kata Kunci

Apa Itu Keyword dan Fungsinya?
Apa Itu Keyword dan Fungsinya?

Ada banyak jenis kata kunci. Jenis kata kunci tersebut dibedakan berdasarkan pada kategori berikut ini:

  • Berdasarkan Kata

Kata kunci yang dibedakan berdasarkan kata dibedakan menjadi 2, yaitu:

  1. Short tail keyword: kata kunci pendek dengan kata yang jumlahnya 2-3 kata. Jenis kata kunci ini memiliki jumlah atau volume pencarian besar tapi persaingannya juga besar.
  2. Long tail keyword: jenis keyword ini memiliki panjang minimal 2-3 kata. Jenis keyword ini cocok untuk blogger pemula karena persaingan keyword tidak seketat short tail keyword.
  • Berdasarkan Waktu

Keyword berdasarkan waktu dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu:

  1. Long term evergreen keyword: jenis kata kunci yang akan selalu relevan selamanya. Jika Anda memperhatikan di Google Analytic atau di tool pencari KW lainnya, kata kunci ini memiliki pergerakan yang constant. Jadi, jika Anda membidik agar artikel Anda relevan sepanjang waktu, long term evergreen keyword cocok digunakan.
  2. Short term fresh keyword: kata kunci musiman yang hanya dicari di waktu tertentu. Jadi, kalau Anda ingin mencari atau mengejar trend yang sedang berlangsung, jenis kata kunci ini bisa Anda gunakan.
  • Berdasarkan Pemirsa atau Audience

Jika berdasarkan pada audience atau user, kata kunci dibedakan menjadi 2, yaitu:

  1. Kata kunci umum: jenis kata kunci yang bisa menjangkau semua orang.
  2. Kata kunci khusus: kata kunci dengan target user tertentu.

Dari informasi ini, Anda sudah tahu apa itu keyword, manfaat dan apa saja jenisnya. Dengan begitu, Anda sebaiknya mulai menggunakan keyword untuk konten Anda mulai dari sekarang ya.