Bagaimana Cara Menambahkan Slide Show di WordPress?

WordPress merupakan salah satu platform website yang paling banyak digunakan hingga saat ini. Salah satu alasannya adalah karena WordPress mudah digunakan, termasuk dalam membuat slide show. Lantas, bagaimana cara menambahkan slide show di WordPress?

Jawabannya adalah dengan menggunakan fitur yang disebut dengan slider atau carousel. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menampilkan slide show baik secara otomatis atau secara manual lewat klik.

Uniknya, lewat fitur slider ini, Anda bisa memberikan efek transisi, button slider dan memodifikasi teks. Jadi, bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan style website Anda.

Lalu, kapan slider dipasang?

Waktu pemasangannya sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda membuat website online shop tentang fashion, maka sebaiknya slider segera dipasang. Dengan begitu visitor Anda tahu apa produk terbaru atau yang sedang Anda tawarkan.

Cara Menambahkan Slide Show Di WordPress

Bagaimana Cara Menambahkan Slide Show di WordPress?
Bagaimana Cara Menambahkan Slide Show di WordPress?

Jika Anda hendak memasang slide show di WordPress, maka pastikan Anda sudah menginstal master slider. Caranya, masuk ke dashboard website > plugin > add new.

Setelah itu cari master slider. Klik active dan install. Jika berhasil terinstal, akan ada tap Master Slider di dashboard wordpress.

Buka dan nantinya Anda akan menemukan daftar slider yang aktif. Bagaimana jika tidak ada sama sekali? Artinya, belum ada slider yang aktif di wordpress.

(baca juga: tutorial desain logo)

Lalu, bagaimana cara menambahkan slide show? Cara menambahkan slide show di WordPress selanjutnya adalah:

  1. Klik create new slider.
  2. Pilih tipe slider yang ingin Anda buat.
  3. Atur slides. Di bagian ini, Anda bisa menambahkan slider lewat WordPress uploader atau bisa juga memilih langsung gambar yang akan Anda unggah.

Jika sudah sampai upload gambar, apa sudah selesai? Belum, karena Anda harus melakukan konfigurasi slidernya.

Untuk melakukan pengaturan slider, scroll ke bawah dan sesuaikan tampilannya sesuai dengan yang Anda inginkan. Anda bisa mengatur background, teks, gambar, warna, filmode, thumbnail yang akan digunakan.

Ada pula tap video dan link untuk menambahkan link ketika gambar atau video di klik oleh visitor. Di sampingnya terdapat slide info. Fungsinya adalah untuk menambahkan informasi tambahan yang berkaitan dengan slide tersebut.

Informasi yang Anda sampaikan tersebut akan ditampilkan di slider saat visitor menjangkau ke slide tertentu. Namun, informasi tersebut bisa muncul tergantung dari template slide yang Anda pilih. Jadi, tidak semua template slide menyediakan fitur ini.

Setelah itu, Anda bisa mengatur slider control, slider settings dan slider callback. Jika sudah, Anda bisa cek preview atau bisa langsung menyimpan.

Jika sudah selesai, Anda bisa memasang slider di halaman yang Anda inginkan. Untuk memasangnya, salin shortcode slider > master slider > paste shortcode. Setelah itu, buka editor postingan atau halaman dan tempelkan di shortcode yang akan digunakan.

Jangan lupa untuk klik update atau publish di halaman postingan Anda. Nantinya Anda akan mendapatkan tampilan slide show di website Anda.

Dengan cara menambahkan slide show di wordpress di atas, Anda tidak perlu bingung lagi ya untuk membuat slide show. Semoga membantu!