Bagaimana Cara Riset Keyword yang Benar?

Riset keyword memiliki peranan yang penting dalam membuat konten. Mulai dari konten blog hingga konten iklan. Lantas, bagaimana cara riset keyword?

Alasan Kenapa Perlu Riset Keyword

Sebelum tahu caranya, mungkin Anda bertanya-tanya, seberapa penting sih riset keyword itu? Jawabannya sangat penting.

Kenapa? Karena dengan riset keyword, Anda bisa menentukan kata kunci potensial yang dicari oleh orang di mesin pencari seperti Google.

Anda bisa tahu seberapa banyak orang yang mencari kata kunci berdasarkan pada keyword yang sedang Anda bidik. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui estimasi jumlah visitor yang mencari kata kunci tersebut dan melihat persaingan pasar.

Dalam bisnis, riset keyword akan berperan penting untuk mencapai tujuan marketing yang dibidik. Misalnya, untuk meningkatkan peserta lomba yang kala itu digelar.

Riset Keyword yang Perlu Dilakukan

Dalam melakukan riset keyword, ada 4 hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  1. Volume pencarian: jumlah pencarian per bulan. Pilih keyword dengan volume pencarian minimal 500 per bulan.
  2. Keyword difficulty: mudah tidaknya keyword tersebut untuk bersaing di halaman pertama pencarian atau SERP.
  3. Keyword suggestion: saran kata kunci utama yang ditargetkan.
  4. SERP (Search engine result page): melihat serta menunjukkan laman yang ada di halaman pertama pencarian berdasarkan keyword yang ditargetkan.

Lalu, dengan apa bisa melakukan riset keyword? Ada beberapa tools yang bisa digunakan jika ingin riset keyword dengan lebih spesifik, yaitu:

  • Google Keyword Planner

Jika Anda tidak memiliki banyak uang untuk menggunakan tools berbayar, Anda bisa menggunakan Google Keyword Planner. Jenis tools dari Google ini bisa Anda maksimalkan untuk bisa mengetahui berapa banyak trafik dari target yang Anda bidik.

Untuk menggunakannya pun mudah. Anda hanya perlu memasukkan keyword yang Anda bidik. Setelah itu, Anda bisa melihat metric hasil pencarian, seperti keyword suggestion. Dari sini, Anda bisa menganalisis dan memilih jenis keyword yang akan digunakan.

  • Google Related Search
Bagaimana Cara Riset Keyword yang Benar?
Bagaimana Cara Riset Keyword yang Benar?

Cara riset keyword paling gampang yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan Google Related Search atau kolom pencarian Google.

Anda hanya perlu memasukkan kata kunci yang Anda bidik. Nantinya, Google akan menyediakan beberapa keyword yang berkaitan dengan keyword yang Anda bidik.

Sayangnya, dengan kolom pencarian Google, Anda tidak bisa mendapatkan informasi lengkap. Misalnya tentang keyword difficulty. Jadi, hasilnya pun akan kurang maksimal jika Anda memang membidik keyword yang lebih spesifik.

  • Ahref

Ahref termasuk sebagai salah satu tools optimasi SEO terbaik saat ini. Tools ini menyediakan berbagai macam fitur. Salah satunya adalah untuk riset keyword.

Anda bisa mendapatkan informasi yang lengkap. Mulai dari volume keyword hingga keyword difficulty. Dengan begitu, Anda bisa lebih spesifik menentukan keyword yang akan digunakan.

Sayangnya, Anda perlu membayar biaya langganan yang cukup mahal, yaitu sekitar $99 per bulannya. Jadi, kalau Anda hanya ingin riset keyword saja, rasanya akan cukup mahal. Kecuali jika Anda juga menggunakan fitur Ahref untuk keperluan lain, misalnya cek backlink.

Dengan cara riset keyword di atas, Anda bisa mulai untuk mencari keyword yang tepat untuk digunakan. Jika pun Anda masih bingung, contently bisa membantu Anda untuk riset dan optimasi website Anda.