Cara Membuat Aplikasi Berbasis Web Untuk Bisnis

Banyak sekali cara yang bisa kita lakukan jika kita ingin membuat bisnis kita menjadi semakin maju, terutama jika bisnis yang kita kembangkan ini merupakan bisnis yang berbasis pelayanan jasa maka tentu saja penggunaan website dan aplikasi yang kompatibel dengan PC dan smartphone merupakan salah satu hal yang cukup penting. Kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada anda bagaimana caranya membuat aplikasi yang berbasis website untuk bisnis anda. Penasaran bagaimana cara membuat aplikasi berbasis website dengan mudah? Simak rangkuman lengkapnya di bawah ini ya!

  1. Analisis kelayakan dan kebutuhan dari website

Langkah pertama yang perlu anda lakukan jika ingin membuat aplikasi berbasis website adalah anda perlu lebih dulu untuk melakukan analisis kelayakan dan juga kebutuhan dari website anda. Anda perlu melakukan analisa untuk menentukan arah, tujuan, dan juga sasaran dari website anda nantinya. Kami sarankan untuk membuat rancangan itu dengan matang sehingga akan lebih mudah untuk melakukan pengembangan web nantinya.

  1. Analisis dan menentukan requirement document

Cara membuat aplikasi berbasis web yang kedua adalah anda harus melakukan analisis dan juga menentukan requirement document atau menyiapkan apa saja hal dan teknologi penting yang dibutuhkan untuk membuat sebuah web. Misalnya saja perlu desktop, kemudian server, staging server, alat pelacakan tugas, alat uji regresi, dan juga sistem pelaporan otomatis. Semakin detail dan lengkap anda dalam membuat requirement document maka juga akan semakin baik.

  1. Menggunakan best practices

Langkah yang selanjutnya adalah anda bisa menggunakan best practices selama proses pembuatan web berbasis aplikasi ini. Anda bisa memilih metode seperti apa yang ingin anda gunakan untuk membuat website sesuai dengan keinginan anda. Kami menyarankan supaya anda lebih dulu melakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui bagaimana metode itu cocok untuk website anda atau tidak. Salah satu saran yang mungkin bisa anda pertimbangkan adalah penggunaan metode Agile.

  1. Melakukan desain

Cara membuat aplikasi berbasis web yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan desain website. Pastikan bahwa anda membuat desain website yang friendly user sehingga nantinya pengguna web mudah menggunakan website anda.

  1. Mengukur serta melacak perkembangan web

Anda juga perlu untuk mengukur serta melacak perkembangan aplikasi berbasis web anda. Beberapa indikasi yang harus anda perhatikan adala sederhana serta dapat dihitung, konsisten dan tidak ambigu, kemudian mudah dikalibrasi serta mudah beradaptasi, mampu divalidasi untuk reliabilitas dan akurasi. Pastikan aplikasi berbasis web anda memiliki itu semua.

  1. Pengembangan aplikasi

Langkah yang selanjutnya adalah melakukan pengembangan aplikasi berbasis website anda. Pastikan bahwa anda memeprhatikannya dengan baik. Pada tahapan ini dokumen desain yang telah anda buat akan diterjemahkan menjadi sebuah software.

Itulah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda semua mengenai cara membuat aplikasi berbasis web. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semuanya!