Memahami Pentingnya Blog Untuk Bisnis Online

Membangun bisnis pada masa sekarang bisa dimulai dari mana saja. Berbagai jenis bisnis pun tersedia dan termasuk mudah untuk dijangkau karena kemajuan zaman. Apalagi ketika berbicara mengenai bisnis online. Membuat blog untuk bisnis online merupakan salah satu langkah yang baik untuk membangun bisnis.

Bagi sebagian pemilik bisnis, membuat blog dan mengurusnya adalah pekerjaan yang rumit. Ada banyak hal teknis yang perlu dipelajari dan diterapkan. Selain itu, mereka juga perlu mempersiapkan “ongkos” tambahan untuk sekedar menambah satu jobdesk dimana harus ditangani oleh tenaga yang ahli di bidang tersebut.

Temukan Manfaat Blog Untuk Bisnis

Ketika bicara soal manfaat blog untuk bisnis, hal itu tak bisa lepas dari konsep Customer Journey. Konsep customer journey memetakan bagaimana interaksi antara konsumen dengan sebuah brand berjalan. Interaksi tersebut dipetakan dengan juga ikut memperhatikan perasaan, pengalaman, dan motivasi konsumen.

Dengan adanya konsep ini, sebuah brand bisa lebih memahami bagaimana konsumen memandang brand itu sendiri. Konsep customer journey membantu brand menyesuaikan strategi marketing agar pas dengan ekspektasi calon pelanggan.

Di sisi lain, brand juga bisa mengetahui channel apa saja yang dipakai calon pelanggan. Kemudian, brand bisa mendesain cara yang tepat sekaligus memilih channel yang pas untuk menjangkau mereka.

Customer journey dimulai dari fase awareness (perkenalan), lalu consideration (pertimbangan), dilanjutkan dengan purchase (pembelian), kemudian retention (pembelian ulang), sampai akhirnya advocacy (promosi).

Kalau Anda lihat ilustrasi di atas, Anda bisa amati bahwa blog muncul di beberapa fase customer journey. Ini artinya, Anda bisa menggunakan blog untuk menjangkau pelanggan di fase yang berbeda. Simak penjelasan berikut agar Anda semakin memahami pentingnya blog dalam bisnis.

1. Alat Promosi Soft-Selling

Ketika bicara soal soft-selling, internet adalah surganya. Hal itu dikarenakan banyak orang bergantung pada internet untuk mencari informasi. Berdasarkan informasi yang dicari, pengguna internet ini bisa jadi calon pelanggan potensial untuk sebuah bisnis.

Dari situ, Anda bisa membuat konten blog yang memberikan informasi bermanfaat untuk calon pelanggan. Ketika brand Anda berhasil memberi informasi atau solusi yang dibutuhkan, calon pelanggan akan memiliki asosiasi positif pada brand Anda.

2. Meningkatkan Traffic Website

Bisnis yang memiliki blog rata-rata pengunjungnya meningkat hingga 55%. Blog bisnis juga rata-rata memiliki empat kali halaman terindeks Google atau tepatnya 434%. Artinya, ada 434% kemungkinan lebih besar bagi calon konsumen untuk menemukan bisnis Anda. Angka ini jelas jauh lebih tinggi dibandingkan bisnis yang tidak memiliki blog.

Blog bisnis juga terbukti membantu strategi email marketing. Menurut sebuah studi, blog membantu trafik dari email hingga 28%. Jika dibandingkan dengan bisnis yang tidak memiliki blog, trafik dari email hanya -53%.

3. Meningkatkan Jumlah Lead

Blog bisnis tak hanya meningkatkan trafik, melainkan juga lead atau prospek. Lead merupakan sikap ketertarikan calon konsumen pada suatu brand. Sikap ini bisa diwujudkan dalam berbagai macam aksi seperti berlangganan newsletter, mengunduh booklet, mengisi contact form, membaca konten-konten yang diarahkan, dan sebagainya.

Kini Anda sudah memahami betapa pentingnya blog dalam berbisnis. Kunjungi blog bisnis tommcifle untuk mendapatkan informasi mengenai bisnis.